Tibumtranmas dan Linmas 2019

Penyelenggaraan Ketenteraman Dan Ketertiban Umum Serta Perlindungan Masyarakat Tahun 2019

Penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat merupakan salah satu faktor utama terciptanya penyelenggaraan pemerintahan yang baik. Kondisi yang aman dan tertib akan meningkatkan peran serta masyarakat dalam bersosial dan berpolitik yang akhirnya akan mewujudkan pemerintahan yang dinamis karena didukung oleh meningkatnya peran serta masyarakat. Untuk mendukung terselenggaranya pemerintahan yang baik maka perlu situasi yang nyaman dan kondusif. Selama tahun 2019 kondisi ketenteraman dan ketertiban serta perlindungan masyarakat di Kabupaten Indramayu relatif nyaman dan kondusif, walaupun ada gejolak dari masyarakat atau golongan tertentu masih bisa diantisipasi dan dapat diatasi dengan baik.

Satuan Kerja Perangkat Daerah yang menangani ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat adalah Satuan Polisi Pamong Praja Dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu, sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Indramayu Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Indramayu dan Peraturan Bupati Nomor 39 Tahun 2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu.

Untuk menjaga ketenteraman dan ketertiban umum dan perlindungan masyarakat di Wilayah Kabupaten Indramayu, Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran bekerja sama dengan instansi terkait dan melaksanakan beberapa kegiatan meliputi :

  1. Penguatan Pelaksanaan Tugas-Tugas Satpol PP dan Pemadam Kebakaran
  2. Penegakan dan Pengaturan Tibumtranmas
  3. Pengawalan Pejabat Negara dan Pejabat Daerah
  4. Patroli Wilayah
  5. Pengamanan Rumah Dinas
  6. Pengamanan Kegiatan Daerah dan Pengamanan Unjuk Rasa
  7. Pengamanan Pileg dan Pilpres Tahun 2019
  8. Peningkatan Penanggulangan Bahaya Kebakaran
  9. Operasi Penertiban Pemanfaatan Tanah Negara / Pemkab dan Fasilitas Umum serta Bangunan Tanpa IMB / Liar
  10. Sekretariat PPNS
  11. Pusat Komando Pengendali Operasi
  12. Pengadaan Sarana dan Prasarana Pemadam Kebakaran.

Dalam menjaga keamanan, ketentraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat

di wilayah Kabupaten Indramayu, Satpol PP dibantu oleh instansi / unsur pendukung lainnya

yaitu :

  1. Penunjang keamanan dan pengamanan di wilayah Kabupaten Indramayu di dukung oleh Kepolisian Resort Indramayu dan Komando Distrik Militer 0616 Indramayu.
  2. Operasi pemberantasan penyakit masyarakat didukung oleh unsur Kepolisian Resort Indramayu, unsur Komando Distrik Militer 0616 Indramayu, unsur Kejaksaan Negeri Indramayu, unsur PPNS dan unsur Satpol PP di setiap Kecamatan.